Jum. Feb 23rd, 2024

Visi dan Misi PGSD

Visi Program Studi PGSD

“Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang menghasilkan lulusan yang kompeten, bermutu dan berdaya saing di tingkat Nasional dan di Wilayah ASEAN (visi ditargetkan tercapai pada tahun 2031).Penjelasan terkait Visi kelimuan Prodi PGSD :

  1. Kompeten artinya Program Studi PGSD menyelenggarakan program pendidikan Sarjana yang menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga lulusan akan memiliki peluang menjadi pendidik yang baik di SD.
  2. Bermutu artinya keseluruhan kegiatan terkait dengan akademik dan non akademik dikelola berdasarkan standar mutu perguruan tinggi yang telah ditetapkan, lulusan akan dibekali 8 dengan kemampuan untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran sekolah dasar, profesi keguruan dan keilmuwan pendidikan dasar sehingga lulusan akan memiliki peluang untuk menjadi pendidik di SD, praktisi/pengelola pendidikan yang professional dan peneliti/konsultan dibidang keilmuan pendidikan dasar.
  3. Berdaya saing artinya Program Studi PGSD menyelenggarakan program pendidikan Sarjana yang menghasilkan lulusan mampu berkompetisi sebagai pendidik di SD, praktisi/pengelola pendidikan yang professional dan peneliti/konsultan dibidang keilmuwan pendidikan dasar di tingkat nasional dan ASEAN.

Misi Program Studi PGSD

Misi prodi PGSD adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan bimbingan kepada calon guru guna perolehan ke empat kompetensi guru: kepribadian, sosial, pedagogik dan professional agar lulusan menjadi pendidik yang baik di SD.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan, pengajaran dan keilmuan di Sekolah Dasar (SD).
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar (SD) dan sosial kemanusiaan.
  4. Menjadikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai pelopor kebudayaan

 

 

Tujuan Program Studi PGSD

  1. Menghasilkan pendidik, pengajar dan pembimbing yang menguasai bidang ilmu ke-SD-an meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, PKn, IPA, IPS, dan seni budaya di sekolah dasar.
  2. Menghasilkan pendidik, pengajar dan pembimbing yang menguasai pembelajaran dan implementasinya di sekolah dasar.
  3. Menghasilkan pendidik, pengajar dan pembimbing yang kompeten dalam inovasi pembelajaran dan pembelajaran berbasis budaya di sekolah dasar.
  4. Menghasilkan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi yang bermutu dan inovatif berbasis keSDan dan keilmuan pendidikan dasar untuk meningkatkan kualitas Pendidikan yang berdaya saing hingga Internasional.
  5. Menghasilkan produk/jasa penelitian/pengabdian kepada masyarakat/publikasi yang bermanfaat dan dapat diadopsi oleh masyarakat.
  6. Menghasilkan jalinan kerja sama/kemitraan yang kolaboratif hingga internasional dalam rangka meningkatkan kegiatan pengajaran, penelitian, pengabdian dan publikasi.
  7. Menyelenggarakan budaya akademik yang partisipatif dan kondusif yang mendukung pelaksanaan Tridharma sesuai dengan standar nasional dan internasional.
  8. Membekali mahasiswa menjadi pendidik di SD, praktisi/pengelola pendidikan dan peneliti/konsultan dibidang keilmuan pendidikan dasar sebagai penggerak pengembang kebudayaan sesuai tuntutan masyarakat hingga Internasional.